Cara Menonaktifkan User Account Control (UAC) Pada Microsoft Windows


Apa itu User Account Control?

User Account Control (UAC) adalah salah satu fitur keamaan yang ada pada Sistem Operasi Windows, pertama kali diluncurkan pada versi Windows Vista dan tetap ada hingga versi Windows 10 saat ini.

Fitur ini bertugas sebagai pembatas antara proses eksekusi program dengan program yang akan dieksekusi, di mana UAC akan muncul di layar komputer ketika user ingin mengeksekusi program tertentu, maksud dari program tertentu disini adalah program aplikasi yang ketika dijalankan memiliki kemungkinan untuk mengubah setelan tertentu pada sistem operasi.

Kotak dialog UAC akan muncul untuk meminta izin terlebih dahulu kepada user sebelum program dieksekusi.. apakah program yang dieksekusi tersebut akan tetap dijalankan atau tidak, dengan syarat ketika dijalankan program tersebut dapat melakukan modifikasi atau perubahan pada setelah default sistem.

Dengan kata lain, UAC ini berguna untuk menangkal eksekusi perintah yang tidak sah seperti ketika komputer tengah terjangkit virus atau malware yang merugikan, kemudian malware tersebut mengeksekusi sendiri perintah atau program tertentu tanpa sepengetahuan user.

Disamping kegunaannya tersebut, namun tetap saja ada user yang risih dengan fitur ini karena setiap kali ingin mengeksekusi program harus berhadapan dulu dengan notifikasi UAC.. bahkan ada beberapa program yang tidak dapat dieksekusi ketika UAC ini aktif, dan mungkin salah satunya adalah kalian(?) xD

Ya.. selama kalian memang sudah paham dengan konsekuensinya jika menonaktifkan fitur ini, itu bukanlah masalah. Disini saya hanya akan membagikan tutorial cara menonaktifkan UAC tersebut, oke langsung saja ke intinya..


*Tutorial Cara Menonaktifkan UAC*

Oh ya, sebelumya saya ingin memeberitahu kalau pada tutorial kali ini saya menggunakan sistem operasi versi Windows 8. Sebenarnya cara dan tampilannya tidak terlalu berbeda dengan Windows di versi lain sih (terutama Windows 10), kalian tinggal mengikuti langkah-langkahnya saja, dan caranya juga sangat mudah kok.. lets do it!

  1. Pertama, buka Control Panel terlebih dulu.
    Caranya dengan mengetikkan "control panel" pada kotak pencarian cortana


  2. Setelah Control Panel terbuka, lalu pilih menu "System and Security"


  3. Pada tab Security and Maintenance klik opsi "Change User Account Control settings"


  4. Setelah itu kita akan dialihkan ke kotak pengaturan User Account Control, disitu kita bisa melihat ada 4 tingkatan setelan notifikasi UAC.. mulai dari yang paling atas (Always Notify) sampai yang paling bawah (Never Notify)

    Karena kita ingin menonaktfikan UAC sepenuhnya agar notifikasinya tidak pernah muncul, tinggal drag saja kotak bar ke paling bawah, setelah itu klik "Ok".. dan selesai!
    Kotak dialog UAC tidak akan pernah muncul lagi ketika ingin menjalankan program


Untuk mengaktifkannya kembali, kalian tinggal drag kotak barnya ke arah atas.. bisa diatur sesuai kebutuhan masing-masing.

Sangat mudah bukan?

Sekian tutorial Cara Menonaktifkan User Account Control Pada Windows, share artikel ini jika dirasa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung :)
Cara Menonaktifkan User Account Control (UAC) Pada Microsoft Windows Cara Menonaktifkan User Account Control (UAC) Pada Microsoft Windows Reviewed by Qweeki on 10:55 am Rating: 5
Powered by Blogger.