Tsar Bomba, Kaisar Dari Segala Jenis Bom


Kalian pastinya tahu betul semengerikan apa dua bom atom/nuklir seperti Little Boy dan Fat Man yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada penghujung Perang Dunia II lalu. Dua wilayah di Jepang itu hancur luluh lantah menjadi sasaran pengeboman pihak sekutu yang dimotori oleh Amerika Serikat.

Little Boy, dijatuhkan di Hiroshima pada 6 Agusuts 1945 dan selang beberapa hari kemudian tepatnya 9 Agustus 1945, Fat Man pun dijatuhkan di Nagasaki. Kedua bom ini memiliki daya ledak yang sangat besar sehingga membuat nyawa lebih dari 200.000 orang melayang, ditambah dengan efek radiasi nuklirnya yang masih dapat dirasakan hingga beberapa tahun kemudian..

Tapi, tahukan kamu bahwa Little Boy dan Fat Man bukanlah bom nuklir dengan daya ledak terbesar yang pernah dibuat? bom yang mampu membunuh hingga 200 ribu jiwa ini hanyalah ledakan kecil jika dibandingkan dengan bom yang satu ini.

Bom tersebut adalah Tsar Bomba, kaisar atau raja dari segala bom.

Sekitar belasan tahun kemudian setelah Little Boy dan Fat Man dijatuhkan, lahirlah bom ini. Bom buatan Uni Soviet (sekarang Rusia) ini langsung diuji coba pada 30 Oktober 1961 di Pulau Novaya Zemlya, sekitaran Laut Arktik.

Tsar Bomba dibawa dan dijatuhkan dari ketinggian 10,5 km dan diledakan saat mencapai ketinggian 4,6 km dari permukaan tanah.

Hasilnya pun sangat mencengangkan..

ilustrasi perbandingan ketinggian ledakan bom nuklir yang pernah tercatat

Jamur api yang diciptakan oleh ledakan bom dengan nama resmi AN602 ini mencapai ketinggian 64 kilometer dan dapat terlihat hingga jarak 2000 kilometer jauhnya, bahkan gelombang kejutnya hampir merusak pesawat pembom Tupelov TU-95 yang membawa bom tersebut.

Ledakan tersebut juga membuat transmisi komunikasi radio terganggu selama beberapa jam, dikatakan juga bahwa banyak jendela kaca gedung di Norwegia dan Finlandia, yang berjarak 900 km, pecah karenanya.

Gelombang kejut yang bom ini hasilkan pun dikabarkan bergerak mengelilingi Bumi hingga tiga kali.

Daya ledak bom seberat 27 ton tersebut mencapai 50 megaton (TNT), sebagai perbandingan, daya ledaknya setara dengan 1400 kali ledakan gabungan dari Little Boy dan Fat Man yang pernah dijatuhkan di Jepang.


Apa Tujuan Dibuatnya Tsar Bomba?

Hal ini berawal dari tindakan Amerika Serikat yang melakukan uji ledak bom hidrogen yang berkekuatan 15 megaton di suatu pulau karang kecil di Samudera Pasifik bernama Bikini Atoll pada 1 Maret 1954. Hal tersebutlah yang memancing Perdana Menteri Uni Soviet saat itu, Nikita Khrushchev.


Khurshchev pun segera memerintahkan para militier dan ahli nuklir Soviet untuk segera membuat bom dengan daya ledak yang lebih besar. Walaupun itu berarti mereka melanggar perjanjian moratorium uji nuklir dengan Amerika Serikat dan Inggris yang telah disepakati sejak 1958.

Singkat cerita, terbentuklah sebuah tim yang terdiri dari beberapa ilmuan. Lalu merancang dan membangung sebuah bom dengan panjang hampir 8 meter dengan perangkat termonuklir tiga tahap, pengerjaannya hanya memakan waktu sekitar 14 minggu dan Tsar Bomba benar-benar berhasil dibuat.

Jadi, sebenarnya tujuan dari pembuatan bom bom nuklir seperti ini hanyalah untuk show off negara-negara calon adidaya mencari perhatian dunia internasional, hal ini juga merupakan rentetan awal dari gejolak perang dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Dimana kedua negara paling berpengaruh saat itu saling bersaing menunjukan kehebatan perkembangan teknologi militer mereka dan berupaya mengambil pengaruh dalam geopolitik internasional.

Yaa.. lagi-lagi ini hanyalah persoalan politik.

Untungnya bagi umat manusia untuk saat ini, negara para pemiliki senjata nuklir telah sepakat untuk menandatangani perjanjian, sepakat untuk tidak melakukan uji ledak bom nuklir baik di atmosfer, luar angkasa maupun dalam air. Pengujian di bawah tanah masih diperbolehkan namun dengan batasan-batasan tertentu.

Sekian pembahasan mengenai Tsar Bomba si kaisar para bom ini, dan terima kasih telah berkunjung.


Berikut ini video cuplikan rekaman dari Tsar Bomba

Tsar Bomba, Kaisar Dari Segala Jenis Bom Tsar Bomba, Kaisar Dari Segala Jenis Bom Reviewed by Qweeki on 9:36 pm Rating: 5
Powered by Blogger.