Mengenal Milenial, Generasi Modern yang Serba Trendi


Saat ini istilah generasi 'milenial' menjadi fenomena baru yang diperbincangkan di tengah masyarakat. Sebutan untuk kelompok generasi di usia tertentu ini masih membuat banyak orang penasaran, sebenarnya apa sih milenial itu? apa saja ciri-ciri generasi ini? dan.. apakah kamu termasuk kedalamnya?

Ayo simak pembahasan lengkapnya berikut ini:

Pengertian Milenial

Merujuk pada situs wikipedia bahasa Indonesia, Milenial atau juga dikenal sebagai Generasi Y adalah kelompok demografis masyarakat yang lahir mulai tahun 1990-an hingga awal 2000-an. Ada juga para ahli yang menggunakan awal 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok generasi ini. Dengan kata lain, generasi milenial ini diisi oleh anak-anak muda yang saat ini berusia antara 17-38 tahun, hayoo kalian pasti termasuk kedalamnya juga kan?

Istilah millennials ini awalnya diciptakan oleh dua pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa buku ciptaannya.

Sebenarnya mengenai tahun kelahiran generasi ini masih belum dapat dipastikan, namun para pakar memiliki berbagai pendapat mengenai tahun kelahiran generasi milenial, antara lain:

  1. Majalah Newsweek, bahwa generasi milenial pertama lahir di rentang tahun 1977 hingga 1994.
  2. Iconoclast, sebuah perusahaan riset konsumen mengatakan generasi ini lahir pertama kali pada tahun 1978.
  3. New York Times dalam artikelnya, menetapkan generasi ini lahir pada rentang tahun 1976-1990 dan 1978-1998.
  4. Sebuah artikel pada majalah Time mematok tahun kelahiran generasi milenial antara 1980 hingga 2000.
  5. Secara garis besar, tahun kelahiran yang pas untuk generasi milenial adalah tahun 1978 sebagai awalan dan 2004 sebagai tahun kelahiran terakhir.


Karakteristik Generasi Milenial


Karakteristik generasi ini sebenarnya dapat berbeda tergantung kultur dan kondisi sosio ekonomi di tiap negara. Namun sebagai negara dengan jumlah penduduk mencapai 266 juta jiwa dimana kelompok usia produktifnya menjadi salah satu yang terbesar, Indonesia dapat menjadi acuan standar karakteristik dari generasi milenial.

Beberapa karakteristiknya secara garis besar antara lain:

  1. 'No Gadget No Life'Tak peduli mau tua ataupun muda, kehadiran gadget dalam hidup generasi ini bagaikan jantung kedua. Apalagi di zaman di mana internet sudah menjadi tak terbatas seperti sekarang ini, akan membuat mereka seakan memiliki hidup di dua alam dengan akses tanpa batas. Hampir keseluruhan aktivitas mereka lakukan dengan dihadiri gadget.
  2. Maunya Serba Instan dan Cepat
    Kehadiran teknologi sepertinya memang menjadi pilar khusus bagi kehidupan para milenials, sebab teknologi benar-benar memberikan akses mobilitas yang tinggi kepada para penggunanya. Dengan kelengkapan tersebut membuat mereka, para milenial lebih memilih yang serba instan dan tidak merepotkan. Segala kegiatan seperti pesan makanan, pesan tiket ataupun membeli barang mereka lakukan hanya lewat aplikasi pada ponsel.
  3. Mudah Bosan
    Seperti yang saya katakan sebelumnya, kehadiran teknologi benar-benar membuat kehidupan saat ini lebih mudah mengalami transformasi. Apalagi bagi milenials, mereka akan lebih mudah bosan pada setiap kondisi ataupun barang yang mereka beli. Setiap ada sesuatu yang baru, dengan jurus gercep (gerak cepet)nya mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hal tersebut.
  4. Pengalaman Lebih Dari Aset
    Kalau disuruh untuk menabung atau menghabiskan uangnya untuk mencari pengalaman, para milenials ini pasti lebih memilih menghabiskan uangnya untuk mendapat pengalaman. Traveling adalah jalan ninja kebanyakan milenials, ketimbang memiliki aset ataupun berinvestasi mereka akan lebih rela menggunakan uangnya untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya dengan cara keliling dunia.
Ya mau seperti apapun juga stereotipe tentang generasi ini, mereka juga termasuk generasi emas dan menjadi bagian dari sejarah panjang manusia. Terlepas dari generasi apa dan kapan kita dilahirkan, kita tetaplah sama-sama manusia yang harus berkontribusi bagi keberlangsungan peradaban.

Itulah sedikit pembahasan mengenai generasi kita, milenial. Semoga dapat menambah wawasan dan membuka persepsi kita akan identitas generasi yang satu ini.

Share artikel ini jika dirasa bermanfaat, dan terima kasih telah berkunjung!

Mengenal Milenial, Generasi Modern yang Serba Trendi Mengenal Milenial, Generasi Modern yang Serba Trendi Reviewed by Qweeki on 10:05 am Rating: 5
Powered by Blogger.