AntiMatter, Materi Termahal dan Kunci Masa Depan


Partikel Tuhan - sebutan khusus bagi anti materi (antimatter) yang merupakan materi paling langka dan paling mahal di muka bumi, kamu tahu berapa harga per 1 gram materi ini? harga per gramnya adalah US $63 triliun atau setara dengan Rp 84.000 triliun (kurs saat ini).

Sekarang kita bandingkan dengan "materi" yang dimiliki orang terkaya di bumi saat ini.. Jef Bezos dengan total kekayaan bersihnya mencapai Rp 5.800 triliun, apakah itu cukup? tentu tidak, bahkan sangat tidak sebanding.. THAT'S SO EXPENSIVE!.

Bayangkan saja.. untuk menghasilkan beberapa miligram anti materi saja butuh waktu dan sumber daya yang sangat-sangat besar, itu semua lah yang melatarbelakangi kemahalannya.

Sebut saja Large Hadron Collider (LHC), fasilitas penelitian terkompleks sekaligus mesin terbesar yang pernah dibuat manusia ini merupakan pusat pembuatan partikel tuhan tersebut.
LHC merupakan proyek yang dibangun oleh para ilmuwan CERN (Organisasi Riset Nuklir Eropa) guna menjawab berbagai misteri dalam konteks fisika kuantum terkhusus pada proses penciptaan alam semesta (Big Bang).

LHC juga merupakan mega proyek super rumit dan super mahal yang menghabiskan anggaran hingga US $9 (Rp 126 triliun). Dibangun pada tahun 1971 oleh gabungan dari ribuan ilmuwan yang berasal dari 100 negara, dan baru rampung pada tahun 2008 namun baru dapat beroperasi secara penuh pada tahun 2010 lalu.

Mesin ini diletakkan di sebuah terowongan yang melingkar membentuk cincin dengan total keliling mencapai 27 km pada kedalaman 50 - 175 meter dibawah tanah tepat di perbatasan Prancis dan Swis, didalamnya terdapat cincin akselerator partikel yang terdiri dari 9300 kumparan magnet superkonduktif yang didinginkan dengan sekitar 95 ton helium cair.

Seluruh ruang penelitian pada cincin LHC ini dibuat kedap udara (ultra vakum) untuk meminimalisir terjadinya kontak antara anti materi dengan terjangan gelombang radioaktif, karena anti materi sangat mudah lenyap dimana rata-rata waktu anti materi dapat bertahan hanyalah beberapa menit, dan itupun hanya sedikit anti materi yang dapat dihasilkan didalam mesin raksasa tersebut.

Dan itu semua semakin memperjelas mengapa partikel seperti ini bisa menjadi sangatlah mahal, bahkan jika benar-benar dijual.. orang sekelas Jef Bezos tadi pun takkan mampu membelinya.

Large Hadron Collider - Mesin akselerator raksasa dengan kecepatan penumbuk yang menghampiri kecepatan cahaya

Sebenarnya anti materi itu apa? apa kegunaannya? emangnya ada yang mau beli?

Anti materi adalah materi yang berlawanan dari materi itu sendiri, "hah materi yang bukan materi.. apa si?" "makin gak mudeng deh" XD.

Cukup rumit memang untuk menjelaskan secara langsung mengenai partikel tuhan ini, secara sderhananya seperti ini.. setiap entitas yang ada di dunia ini pasti memiliki pasangan bukan.. seperti baik dan buruk atau negatif dengan positif yang kesemuanya memiliki sifat saling berlawanan.

Nah katakanlah anti materi ini merupakan pasangan dari materi, Sebelumnya.. kita perjelas dulu apa itu materi.
Materi adalah setiap objek atau bahan yang membutuhkan ruang dan memiliki massa yang dapat diukur, artinya.. anti materi ini merupakan materi yang tidak memiliki massa.

Jika dalam suatu materi (+/-) ada atom dengan partikel penyusun proton, neutron dan elektron.. maka pada anti materi (-/+) akan ada anti proton, anti neutron dan juga anti elektron, sebagai contoh.. jika materi penyusun oksigen adalah O2 maka anti materi dari oksigen adalah -O-2, semua partikel penyusunnya berlawanan.


Materi dan Anti materi
Apa yang terjadi seandainya materi bertemu dengan anti materi?
Seperti penjelasan sebelumnya mengenai ruang kedap udara LHC, jika terjadi kontak langsung antara materi dengan anti materi maka keduanya akan saling meniadakan (menghilang).

Nah inilah salah satu kegunaannya, proses saling meniadakannya tadi akan menjadi pemicu munculnya energi baru yang sangat besar, tapi energi yang dilepaskan masih terbilang acak karena jika salah-salah.. energi tersebut malah akan menjadi sebuah ledakan yang dahsyat.

Hal ini juga bisa menjadi solusi pembakaran sampah masa depan, dengan zero polution yang akan secara langsung meniadakan sampah menjadi benar-benar lenyap tanpa sisah.

Tapi alih-alih menghasilkan energi, anti materi yang dihasilkan pun masih sangatlah minim.

Para ilmuwan pun meyakini bahwa ketika terjadinya Big Bang (teori penciptaan semesta), ledakannya menghasilkan kedua entitas tadi.. materi dan anti materi dengan jumlah yang sama, tapi entah mengapa malah jauh lebih banyak materi yang dihasilkan, kemana semua anti materi tersebut?? mungkinkah mereka pergi ke dimensi lain diluar 3 dimensi kita seperti teori dawai?

Makanya hingga kini para ilmuwan masih belum mendapat jawaban pasti akan hal tersebut, dan itulah alasan mengapa para ilmuwan mencoba untuk menggalinya.. termasuk dalam pembuatan mega proyek LHC.
Kiranya masih perlu waktu untuk kita bisa tahu mengenai misteri besar alam semesta ini, dan mengelola partikel tersebut menjadi energi yang benar-benar berguna.

Big Bang - Teori penciptaan alam semesta
Sebenarnya mengenai harga fantastis anti materi tadi hanyalah gambaran bahwa betapa mahal dan berharganya anti materi ini untuk sumber energi kita di masa depan, jadi ya gak akan dijual ataupun dibeli karena semua riset yang dilakukan juga toh demi kepentingan bersama.
Semahal apapun materi yang kita miliki di dunia ini tidak akan pernah bisa membantu kita lepas dari pengadilanNya kelak 
Sekian pembahasan mengenai partikel tuhan tersebut, semoga dapat menambah sedikit wawasan kita.. keep surfing and find something!.

Terimakasih telah berkunjung.
AntiMatter, Materi Termahal dan Kunci Masa Depan AntiMatter, Materi Termahal dan Kunci Masa Depan Reviewed by Qweeki on 11:00 pm Rating: 5
Powered by Blogger.