5 Raksasa Teknologi Yang Lahir Dari Sebuah Garasi




Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar tentang "sebuah perusahaan"? apakah gedung yang menjulang tinggi yang diisi dengan orang-orang produktif? tempat perputaran uang (ekonomi) dengan valuasi fantastis? atau.. organisasi berskala besar yang memberi dampak tertentu pada kelompok masyarakat? yup.. semuanya selalu soal sesuatu yang besar dan berkesan.

Ketika kita memikirkan sebuah perusahaan besar, pastilah yang pertama kali terpikirkan oleh kita adalah orang dibalik perusahaan tersebut.. orang jenius nan kaya raya dengan ruang kantor yang besar, kelompok yang memulai bisnisnya dengan modal dan effort besar, serta berbagai stereotipe "wahh" lainnya.

Tapi, apakah kamu tahu jika perusahaan besar tidak selalu dimulai dengan "modal" yang besar juga? bagaimana jika perusahaan-perusahaan tersebut mengawali kebesarannya secara "sederhana"? seperti memulainya dari sebuah garasi? ya.. sebuah garasi yang berisi barang-barang semi berguna, yang kini telah bertransformasi menjadi gedung perkantoran modern nan megah.

Seperti 5 perusahaan raksasa berikut yang terlahir dari sebuah garasi :
  1.  Apple
    Tahukah kamu bahwa ruang kerja pertama Apple Inc. adalah garasi dari orangtua Steve Jobs? Yap.. bersama rekannya Steve Wozniakmereka memulai bisnis itu pada tahun 1967 ketika Jobs melihat adanya potensi besar dari ketertarikannya akan komputer. Kedua Steve ini kemudian mengembangkan sendiri komputer rancangan mereka di dalam garasi tersebut, yang saat ini telah berevolusi menjadi salah satu tonggak teknologi dunia.

  2. Amazon
    Siapa sangka.. salah satu market place terbesar dan terpopuler di dunia ini juga memulai bisnisnya dari dalam sebuah garasi. Amazon yang sebelumnya merupakan sebuah toko buku online ini dibangun oleh Jeff Bezos (orang terkaya saat ini) pada tahun 1994 sebagai portal belanja online dimana bisnisnya berfokus pada distribusi secara daring.
    Amazon bukan lagi sebagai salah satu sungai terpanjang di dunia melainkan sebagai sebuah perusahaan raksasa yang mendominasi dunia e-commerce.

  3. Google
    Mesin pencari terpopuler sekelas google pun juga lahir dari sebuah garasi lho, raksasa teknologi besutan Larry Page dan Sergey Brin ini ternyata pernah menggunakan garasi milik CEO YouTube saat ini, yaitu Susan Wojcicki sebagai tempat pengembangan proyek mereka. Google pun kini sukses menjadi salah satu raksasa teknologi dunia.

  4. Microsoft
    Ketika memilih untuk drop-out dari kuliahnya, Bill Gates punya mimpi untuk menjadi seorang jutawan muda.. bersama rekannya Paul Allen dimulailah pada tahun 1974 di sebuah garasi kecil di Albuquerque mereka merintis Microsoft yang kini telah menjadi perusahaan perangkat lunak paling sukses di dunia. Bersamaan dengan pencapaiannya tersebut, kini Bill Gates juga telah menggapai mimpinya dengan masuk ke dalam jajaran orang paling kaya di dunia.

  5. Hewlett Packard (HP)
    Pada tahun 1938, Will Hewlett dan Dave Packard mulai merintis 'HP' di garasi kecil milik Will. Produk pertama yang mereka kembangkan adalah audio osilator yang ternyata produk tersebut adalah pesanan dari Walt Disney yang tengah mengadakan proyek pembuatan film fantasi. Hewlett Packard kini telah tumbuh menjadi perusahaan raksasa yang memproduksi berbagai perangkat berteknologi digital.
Raksasa teknologi seperti mereka tentunya dapat merubah sedikit perspektif kita akan dunia ini, untuk memulai sesuatu tidak melulu harus dengan sumber yang besar, memulai sejatinya hanyalah tindakan kita untuk mengawali langkah dan berkembang, lakukan yang terbaik pada apa yang kita mulai hari ini.. pada hal-hal yang kecil sekalipun..

Sekian artikel tentang perusahaan raksasa yang lahir dari sebuah garasi, semoga bisa menjadi inspirasimu untuk melangkah kedepannya.

Terima kasih telah membaca.
5 Raksasa Teknologi Yang Lahir Dari Sebuah Garasi 5 Raksasa Teknologi Yang Lahir Dari Sebuah Garasi Reviewed by Qweeki on 12:15 pm Rating: 5
Powered by Blogger.