Apa Perbedaan CC dan BCC Pada Email?


Email, merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki orang-orang di zaman sekarang, terutama bagi mereka yang punya kepentingan pribadi atau bisnis yang mengharuskan mereka melakukan surat menyurat secara formal.

Email adalah sistem surat menyurat elektronik yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) dengan menggunakan format digital, dengan adanya email.. kegiatan surat menyurat pastinya menjadi lebih efisien, cepat, dan murah, pun email juga menyuguhkan berbagai macam fitur yang tentunya tidak akan ada pada surat kertas (yaiyalah, kan udah beda 'platform' hehe..)

Disamping banyaknya fitur yang diberikan oleh email, pastinya ada beberapa fitur yang belum semua orang pahami apa kegunaannya, salah satunya adalah fitur CC dan BCC..


Apa itu CC dan BCC?


CC (Carbon Copy) atau dalam bahasa Indonesia disebut Tembusan adalah fitur pada email yang digunakan untuk mengirimi email ke lebih dari satu pihak sebagai salinan.
Sederhananya, Cc digunakan ketika kita ingin mengirimi surat ke banyak pihak dengan isi yang sama, dimana yang kita tahu bahwa pada kolom 'To' (kepada) ditujukan untuk penerima utama sedangkan pada kolom 'Cc' (tembusan) ditujukan kepada penerima sekunder yang sifatnya bisa dibilang "sekadar tahu saja".

BCC (Blind Carbon Copy) atau Tembusan Buta sebenarnya juga memiliki fungsi yang sama seperti Cc dimana digunakan untuk mengirim salinan email ke pihak lain selain si penerima utama, tapi.. Bcc ini punya fungsi spesifik yang sangat berbeda dengan Cc lho, apa itu..?


Perbedaan CC dengan BCC

Email yang kamu masukkan pada kolom Cc (tembusan) tahu siap-siapa saja yang juga kamu kirimi tembusan dan juga siapa yang dijadikan penerima utamanya (To), pun si penerima utama juga bisa tahu email siapa saja yang kamu kirimi tembusan, jadi antara penerima utama dan penerima Cc sama-sama mengetahui siapa saja yang kamu kirimi email, itulah CC atau Carbon Copy.

Berbeda dengan Bcc, ketika kamu menggunakan To, Cc, dan Bcc secara bersamaan, penerima Cc (tembusan) dan To (utama) tidak akan tahu siapa yang kamu kirimi Bcc.. tapi si penerima Bcc ini bisa mengetahui siapa yang kamu jadikan penerima utama dan siapa-siapa saja yang jadi penerima Cc alias hanya bersifat satu arah untuk si Bcc, itulah kenapa dinamakan Blind Carbon Copy karena yang menjadi Bcc ini tidak terlihat oleh penerima lain atau rahasia antara si pengirim dan penerima Bcc.

Analoginya seperti ini: Anto ingin mengabari keluarganya (anak dan istri) bahwa Anto tidak bisa pulang hari ini karena kendala pekerjaan, tentu saja Anto juga akan mengabari selingkuhannya sekalian karena takut miskomunikasi XD nah.. pada kasus ini istri Anto menjadi penerima utama (To), anak-anak Anto menjadi penerima sekunder (Cc), dan selingkuhannya Anto yang menjadi penerima rahasia (Bcc).

Sekian pembahasan mengenai perbedaan antara Carbon Copy dan Blind Carbon Copy pada email, semoga bermanfaat..

Ingat! Jangan jadi seperti Anto, gunakanlah fitur tersebut sebijak mungkin XD


Terima kasih telah membaca :)
Apa Perbedaan CC dan BCC Pada Email? Apa Perbedaan CC dan BCC Pada Email? Reviewed by Qweeki on 10:21 am Rating: 5
Powered by Blogger.