Bahaya Traffic Exchange Bagi Keberlangsungan Blog


Pengunjung atau visitor memang merupakan hal yang penting bagi sebuah situs/blog, sebab dengan adanya pengunjung akan membuat blog kita terasa lebih hidup. Apa gunanya sebuah konten/tulisan jika tidak ada yang membaca (pengunjung)? tentu hal ini akan menjadi kegalauan tersendiri bagi para penulis di media seperti blog ini.

Banyak cara dilakukan untuk menarik pengunjung dan meningkatkan traffic mulai dari blogwalking, mencari backlink, meminta kunjungan balik di blog lain hingga promosi konten di media sosial seperti twitter, facebook dan sebagainya. Itu semua wajar dilakukan karena memang untuk menggaet pengunjung dan meningkatkan traffic itu agak sulit, apalagi bagi blogger pemula seperti saya ini xD

Namun adapula blogger yang gak tahan dengan kondisi blognya yang sepi seperti kuburan dan ngebet pengen punya visitor yang buanyaak tanpa memperhatikan kualitas konten di blognya, akhirnya mulai mencari cara instan untuk meningkatkan traffic dan pengunjung blognya, salah satunya dengan melalui situs situs penyedia jasa Traffic Exchange.


Menaikan traffic website atau blog secara instan melalui layanan traffic exchange ini memang sudah menjadi salah satu alternatif yang banyak dilakukan oleh para blogger, khususnya blogger pemula.
Untuk yang belum tahu apa itu traffic exchange? ini adalah sebuah cara untuk mendapatkan visitor dengan melakukan surfing (berselancar di internet) untuk mengumpulkan point yang nantinya point tersebut akan digunakan untuk menaikan pengunjung blog.

Sederhananya begini.. ketika seorang blogger menaruh link blog miliknya di situs penyedia traffic exchange ini artinya si blogger ini meminta untuk dikunjungi oleh orang lain yang juga menggunakan layanan tersebut, artinya jika situs kita ingin dikunjungi maka kita juga harus mengunjungi (surfing) situs orang lain.

Dibalik keuntungannya yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung berkali lipat secara instan, namun ada juga dampak buruk yang dapat dihasilkan dari penggunaan traffic exchange seperti menurunnya kinerja situs/blog, menurunnya peringkat index konten dan masih banyak lagi.

Berikut ini dampak-dampak buruk yang dapat terjadi akibat dari penggunaan traffic exchange.

1. Akun Adsense terancam dibanned


Hal yang paling utama yang harus diketahui para blogger pengguna traffic exchange adalah perihal akun AdSense mereka. Untuk blog yang memang belum tergabung kedalam publisher adsense mungkin masih dapat mengelus dada, sebab penggunaan traffic exchange masih dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah visitornya, ya walaupun secara tidak sehat.

Tapi lain halnya dengan blogger yang telah menjadi publisher adsense, anda sebaiknya berhenti sekarang juga dari penggunaan traffic exchange sebelum terlambat. Mungkin niat hati hanya ingin menaikkan jumlah tayangan konten, tapi apadaya bagaimana jadinya jika akun adsense anda malah terkena banned?

Bisa jadi Google malah akan mencurigai aktivitas anda, penggunaan traffic exchange biasanya akan mendatangkan lalu lintas yang tidak wajar dalam satu waktu, kemungkinan besar Google akan menyadari hal ini dan menyikapinya sebagai pelanggaran aturan main. Anda berani melanggar aturan main Google? maka bersiaplah menerima akibatnya.

2. Bounce rate semakin meningkat

Jika anda tahu cara kerja traffic exchange seperti apa, sudah pasti anda akan menghindari penggunaannya. 

Biasanya pengunjung yang menggunakan traffic exchange ini hanya akan bertahan kurang lebih selama 10 detik di halaman situs anda, Hal seperti ini dapat meningkatkan bounce rate situs anda karena visitor yang datang ke situs anda bukan datang karena tertarik melainkan hanya untuk mengejar kredit point mereka alhasil mereka tidak akan bertahan lama di situs anda.

Dengan tingkat bounce rate yang tinggi juga akan membuat situs/blog anda dapat menjadi di deindex oleh mesin pencari seperti Google, hal ini dapat sangat merugikan karena dengan di deindex, situs anda menjadi tidak lagi terdaftar di index Google.

3. Kualitas konten yang menurun

Ini merupakan dampak yang paling parah menurut saya. Kecanduan akan penggunaan traffic exchange dapat benar-benar membuat seorang blogger buta akan tujuan utamanya dalam blogging. Terlalu fokus dan terlena untuk meningkatkan traffic dan jumlah visitor tapi lupa akan kualitas kontennya, hal ini akan menjadi sangat sia-sia.

Anda seakan hanya berjalan di tempat, tidak ada kemajuan dan perkembangan dalam pengingkatan kualitas konten, dampak terparahnya adalah situs/blog menjadi tidak berkualitas dan membuat orang menjadi enggan mengunjunginya.

4. Hanya mendatangkan visitor sesaat

Hal terakhir yang perlu diingat, ketergantungan akan traffic buatan seperti ini memiliki efek jangka panjang yang tidak baik bagi keberlangsungan situs/blog anda. Mungkin anda akan merasa sangat senang ketika menggunakan traffic exchange karena situs/blog anda menjadi memiliki banyak visitor, tapi percayalah.. bergantung pada lalu lintas buatan untuk mendatangkan pengunjung hanya akan membuat blog anda terlihat seperti kota yang dipenuhi zombie tanpa akal.

Memiliki banyak pengunjung tapi tidak ada satupun yang memiliki impresi terhadap situs/blog anda? itu percuma! tidak ada pengaruhnya sama sekali terhadap peringkat di index pencarian. Jangan berharap banyak pada traffic exchange karena yang bisa dilakukannya hanyalah membuat orang datang ke rumah anda kemudian pergi sesaat tanpa meninggalkan kesan.


Nah, itulah beberapa dampak buruk yang dapat terjadi dari penggunaan pendatang lalu lintas seperti traffic exchange, anda masih berniat menggunakannya?

Semoga dapat menambah wawasan kita, share jika dirasa hal ini bermanfaat!
Terima kasih telah berkunjung :)

Bahaya Traffic Exchange Bagi Keberlangsungan Blog Bahaya Traffic Exchange Bagi Keberlangsungan Blog Reviewed by Qweeki on 7:45 pm Rating: 5
Powered by Blogger.