Mengenali Startup 'Unicorn', Adakah di Indonesia?


Start-up, merupakan istilah umum yang biasa digunakan dalam dunia bisnis saat ini.. untuk menggambarkan suatu perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi dan masih dalam pengembangan untuk penelitian pasarnya.

Sejatinya sebuah perusahaan dapat disebut startup jika perusahaan tersebut berumur kurang dari 5 tahun (wikipedia), oleh sebab itu startup sering diartikan sebagai perusahaan (baru) rintisan.. namun pada awal abad 21 saat ini makna kata startup pun mengalami perubahan secara luas.

Biasanya suatu startup bergerak di bidang teknologi, dengan ide dan inovasinya sebagai solusi dari problematika masyarakat di era modern.

Dalam dunia startup sendiri ada beberapa tingkatan atau gelar yang diberikan kepada startup tertentu sebagai penanda pencapaiannya.. salah satunya adalah gelar Unicorn.
Startup Unicorn adalah sebutan bagi suatu startup yang memiliki valuasi lebih dari US$ 1Miliar atau setara 14 Triliun rupiah (kurs saart ini).

Valuasi pada startup sendiri merupakan tolok ukur dari perusahaan tersebut, sebagai penentu seberapa besar potensi nilai bisnis yang digeluti.


Adakah Startup Unicorn di Indonesia?

Tentunya.. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk 260 juta jiwa dan dengan perkembangan ekonomi nya yang cukup pesat memiliki beberapa startup kebanggaan yang telah mencapai status unicorn, antara lain :
  1. Tokopedia
    Sebagai salah satu marketplace asli Indonesia, Tokopedia merupakan yang pertama dari jenisnya yang berhasil mencapai status unicorn. E-commerce besutan William Tanuwijaya ini diketahui telah memiliki valuasi sebesar US$2,5 miliar dengan mendapatkan suntikan dana dari beberapa investor seperti Alibaba Group dan Softbank.

  2. Go-Jek
    Merupakan startup asal Indonesia pertama yang berhasil menunggangi gelar unicorn, Nadiem Makarim selaku pendiri dari moda transportasi online ini mengatakan bahwa valuasi yang telah dicapai Go-Jek saat ini telah mencapai US$9 miliar.
    Dan juga akhir-akhir ini dikabarkan bahwa beberapa raksasa teknologi dunia seperti Google dan Tencent telah menanamkan modalnya kepada startup lokal ini.

  3. Traveloka
    Startup yang di naungi oleh Ferry Unardi ini merupakan perusahaan yang berdiri di industri ticketing.. khususnya e-ticketing. Dengan nilai valuasinya yang telah mencapai US$2 miliar menjadikan Traveloka sebagai salah satu startup Indonesia yang bergelar unicorn, dana suntikan yang didapatkan oleh traveloka diketahui berasal dari perusahaan travel ternama asal Amerika Serikat.

  4. Bukalapak
    Menjadi yang ke-4 sebagai startup asal Indonesia yang bergelar unicorn.. Bukalapak merupakan situs jual beli online yang didirikan oleh Achmad Zacky dan teman-temannya dengan tujuan awal guna membantu perkembangan UMKM di Indonesia.
    Sebagai saingan dari Tokopedia yang juga merupakan marketplace terbuka, Bukalapak saat ini telah mengantongi nilai valuasi lebih dari US$1 miliar.

Itulah paparan singkat mengenai startup  bergelar unicorn yang memiliki nilai valuasi besar. Sebenarnya masih ada beberapa gelar lagi yang dapat dicapai oleh suatu perusahaan rintisan.. mungkin di lain kesempatan akan kita bahas.
Terimakasih telah membaca.


Mengenali Startup 'Unicorn', Adakah di Indonesia? Mengenali Startup 'Unicorn', Adakah di Indonesia? Reviewed by Qweeki on 10:07 am Rating: 5
Powered by Blogger.